Perencanaan Usaha


Di dalam dunia bisnis ada istiah yang kita kenal dengan  perencanaan usaha. Agar usaha yang kita geluti dapat berjalan dengan lancar, maka haruslah membuat perencanaan yang matang. Banyak usaha yang akhirnya gulung tikar (bangkrut) karena kurangnya perencanaan yang dibuat. Para wirausahawan sebaiknya dapat mengenal dan membuat perencanaan yang bagus sebelum memulai usaha mereka.

Dalam perencanaan itu terdapat beberapa istilah yang wajib kita ketahui, yakni :

- Ide dan peluang usaha, dan

- Analisis peluang usaha


Ide dan Peluang Usaha

Salah satu dari sekian banyak alasan yang membuat bisnis baru gagal dalam beroperasi adalah karena minimnya ide dan peluang usaha. Seberapa pentingkah ide dan peluang usaha itu? Mari kita simak penjelasan berikut.

Ide adalah rencana atau rancangan yang disusun dalam pikiran berupa gagasan guna meraih tujuan. Sedangkan peluang usaha ( dilansir dari Law Insider) adalah semua ide bisnis, prospek, perencanaan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai. Dengan kata lain peluang usaha adalah kemungkinan yang diperoleh  dalam usaha yang akan dimulai atau yang sedang dikembangkan.

Perlu diperhatikan bahwasanya sering sekali bisnis dimulai hanya dengan sebatas ide, namun tidak mengubahnya menjadi peluang bisnis yang nyata. Hal ini merupakan kesalahan yang dapat menghantarkan kita ke kegagalan pada saat  baru pertama merintis usaha. Kesalahan- kesalahan bisa seperti kurangnya pelanggan, kurangnya dana atau kesalahan memilih pangsa pasar.

Seorang pengusaha (entrepreneur) yang handal adalah mereka yang pandai melihat peluang. Di saat semua orang melihat  masalah, saat itu juga mereka dapat menemukan ide dari hal tersebut.  Itulah makanya ada perbedaan antara orang biasa dan seorang pengusaha (wirausahawan).

Lantas apa perbedaan antara ide dengan peluang usaha?

Sebagai contoh, seorang pengusaha memiliki permasalahan pribadi yang akhirnya membuat dirinya menemukan suatu ide bisnis. Ide yang dapat dijadikan sebagai usaha baru baginya, Namun apakah semua orang atau ada orang lain yang memiliki permasalahan yang sama? atau kebutuhan yang sama?

Jika jawabannya iya, maka perlu dicek kembali apakah ide tersebut dapat menjadi peluang yang sangat baik bagi kelangsungan usahanya. Namun jika jawabannya tidak, walaupun ide itu dianggap sangat brilian tapi tidak siap untuk dijadikan peluang usaha. 

Dari sini jelaslah sudah bahwa ide bisnis dan peluang usaha itu adalah dua hal yang berbeda. Kalau ide bisnis adalah yang muncul dari diri pribadi, sedangkan peluang usaha adalah yang muncul dari ide bisnis (diri pribadi) dan kebutuhan pasar (dari orang lain).

Jadi apabila kita mau mengubah ide bisnis menjadi peluang usaha, maka kita membutuhkan orang lain sabagai tolak ukur bisnis tersebut bisa sukses atau tidak.


Analisis Peluang Usaha

Dilansir dari cimbniaga.co.id, analisis peluang usaha adalah cara yang disusun oleh calon wirausahawan untuk menentukan apa saja yang hendak dilakukan di dalam persaingan bisnis. Menetapkan bidang usaha apa yang akan dibangun kerap kali menjadi permasalahan utama para wirausahawan, khususnya bagi mereka yang baru saja terjun di dunia wirausaha. Mereka mengalami kendala saat menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam produk, merasa tidak yakin untuk mampu bersaing dengan produk serupa, dan bahkan meragukan produknya sendiri.

Hal Inilah yang membuat pentingnya  analisis peluang usaha agar kita dapat memaksimalkan usaha yang akan kita kerjakan. Dengan menganalisis peluang usaha kita dapat meminimalisir kerugian yang mungkin akan terjadi. 

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menganalisis usaha, diataranya adalah :

1. Lakukan analisis dengan metode SWOT
SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threat (ancaman). Strenght dan weakness berasal dari dalam perusahaan, sedangkan opportunity dan threat berasal dari luar perusahaan. Opportunity dan threat dapat diminimalisir dengan melakukan analisis peluang usaha yang mendalam. Tidak hanya dapat mengetahui kelebihan perusahaan, analisis SWOT juga dapat bermanfat mengetahui kelemahan ataupun kekurangan yang dimiliki perusahaan.

2. Menentukan target pasar
Sebelum memulai usaha sebaiknya kita tentukan target pasar yang akan dicapai, sehingga produk /jasa yang dipasarkan dapat sukses di pasaran. Tujuannya adalah agar produk yang dipasarkan tepat sasaran.

3. Membuat rancangan inovasi
Untuk mengantisipasi ancaman yang mungkin akan timbul dalam menjalankan usaha, maka diperlukan inovasi. Dengan melakukan pencegahan ini kita dapat menangkal resiko yang terjadi walaupun dalam 
situasi tersulit, sehingga usaha kita dapat bertahan lama.

4. Menyiapkan anggaran dana
Usaha tanpa dana ibarat mobil tanpa bahan bakar. Dana merupakan suatu yang krusial yang harus dipenuhi apabila kita ingin memulai usaha. Tanpa dana, usaha kita tidak akan berjalan dengan lancar. 

5. Melakukan promosi
Promosi adalah penunjang yang sangat luar biasa dalam bisnis. Lakukan promosi dengan baik, sehingga tepat sasaran dan dapat mengoptimalkan usaha kita agar biaya yang dikeluarkanpun tidak sia-sia.

6. Menggali informasi
Mencari informasi dari sekeliling dan internet merupakan suatu keuntungan yang dapat kita peroleh dalam membuat ide usaha. Dengan mengetahui tren yang ada di masyarakat akan memudahkan kita memenuhi kebutuhan pelanggan secara memuaskan.

7. Melihat kompetitor (pesaing)
Penting bagi seorang pengusaha untuk melihat siapa pesaingnya. Dengan begitu dia bisa memikirkan hal-hal yang mungkin tak terpikirkan oleh pesaingnya. Sehingga usahanya lebih maju dan berkembang dibandingkan dengan pesaingnya itu.

8.Meminta saran dan kritik orang lain
Saran dan kritik juga penting dalam usaha. Kita dapat mengetahui keinginan pasar tentang priduk /jasa yang kita buat. Seberapa jauh kemajuan/ kemunduran dari usaha yang sedang dijalani dapat diketahui melalui saran dan kritik orang lain. Maka jangan pernah anggap remeh tanggapan yang terlontar dari pelanggan.



Posting Komentar

77 Komentar

  1. rabiatul adawiyah batubara kelas 96

    BalasHapus
  2. Azlina Azzahra kls 96

    BalasHapus
  3. Najla Durratul Zuhra kelas 96

    BalasHapus
  4. Syakura athiya ahla kelas 96

    BalasHapus
  5. RIFQI HAWWARI kelas 9-2

    BalasHapus
  6. Zahra nadira almi tanjung 92

    BalasHapus
  7. Nadya Fayza Ulya 91

    BalasHapus
  8. Salsabila Thitania 92

    BalasHapus
  9. Muhammad Bagus Satrio kelas 9-3

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Cendikia Hudawi Dinarsih 97

    BalasHapus
  13. Annisa Nur Islami Zulkarnain 96

    BalasHapus