Dijamin awet muda


Haaiii...Salam bahagia..
Tahukah anda dengan tertawa dapat membuat kita awet muda?..

                                                                       ( freepik photo)



Apakah kamu pernah merasa bahwa dengan keadaan bahagia kamu jauh lebih baik dibandingkan ketika kamu sedang sedih?

Ternyata tertawa dapat mengurangi tingkat stress yang dialami seseorang. Ini disebabkan karena saat kita tertawa produksi hormon pemicu stress akan berkurang, yakni seperti hormon epinefrin/adrenalin, kortisol dan dopamin. Tertawa juga akan meningkatkan hormon kebahagiaan. Apa sajakah :hormon kebahagiaan itu? Simak pejelasan berikut ini.

Dilansir dari situs https://www.sehatq.com sistem endokrin, atau sistem hormon, melepaskan beraneka hormon ke aliran darah. Hormon ini menjalankan fungsi penting untuk kinerja tubuh, mulai dari sistem reproduksi hingga suasana hati.
Di antara banyak hormon tersebut, ada empat hormon yang umumnya dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Sesuai namanya, hormon-hormon ini merangsang kebahagiaan dan kesenangan diri. Keseimbangan hormon-hormon tersebut berkaitan dengan suasana hati, dan berpotensi menyebabkan masalah jika terganggu keseimbangannya.

Hormon kebahagiaan dan jenis-jenisnya
Berikut adalah jenis-jenis hormon kebahagiaan yang bisa memengaruhi mood Anda:

1. Dopamin
Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter (senyawa otak) yang berkaitan dengan penghargaan diri, seperti motivasi. Hormon ini turut memainkan peran terhadap suasana hati sehingga termasuk sebagai hormon kebahagiaan.
Selain memengaruhi kesenangan diri, dopamin juga berkontribusi dalam penalaran, daya ingat, serta fungsi sistem motorik.

2. Endorfin
Endorfin dikenal sebagai pereda nyeri, dan sebenarnya sudah terkandung secara alami di dalam tubuh. Tergolong sebagai hormon kebahagiaan, endorfin berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan.
Selain itu, endorfin juga membantu meningkatkan harga diri (self-esteem), mengurangi berat badan, dan mengurangi sakit saat persalinan.

3. Oksitosin
Oksitosin adalah hormon cinta, karena muncul saat Anda jatuh cinta dan memadu cinta. Di samping berperan dalam hubungan romantis dan seks, oksitosin juga membantu proses persalinan, proses menyusui, serta penguatan ikatan batin antara ibu dan anak.

4. Serotonin
Serotonin mirip dengan dopamin, yang merupakan hormon sekaligus neurotransmitter dalam mengatur suasana hati. Selain perihal mood, serotonin juga berperan dalam siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan bernalar, dan daya ingat.

Nah berhubungan dengan hormon di atas, yang ingin saya tekankan disini adalah bagaimana cara memunculkan kebahagiaan itu lewat ekspresi tertawa. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tawamu lebih lengkap dan membuat awet muda.

Yang pertama, ingatlah kenangan-kenangan bahagia yang membuatmu bisa tertawa atau senyum-senyum sendiri. Eits jangan sampai kelihatan orang lain ya, nanti disangka gila lagi..

Kedua, setiap bertemu dengan orang yang anda kenal cobalah untuk tersenyum. Senyum yang ikhlas tentunya. Dengan tersenyum suasana hati kita akan turut bahagia, sehingga hormon endorfin akan bekerja dengan baik di dalam tubuh. 

Ketiga, banyakin bergurau/ bercanda dengan teman. Ini akan membuat hatimu plong atau lega karena dapat meluapkan uneg-uneg yang mungkin tersimpan di dada.

Keempat, carilah tontonan yang bisa membuatmu tertawa, misalnya film-film komedi, lawak dan sebagainya. Pilihlah tontonan yang positif agar dapat memaksimalkan hormon dopamin yang akan membuat hidup lebih berarti.

Kelima, untuk menambah kebahagiaanmu jangan lupa beribadah. Melakukan rutinitas ibadah setiap hari selain mendapatkan pahala juga dapat membuat diri lebih tenang dan rileks. Coba buktikan!

Keenam, ikut kegiatan-kegiatan sosial. Dengan membantu orang lain jiwa kemanusiaan kita terpanggil untuk melakukan suatu yang terbaik bagi mereka yang sedang kesusahan. Apalagi ketika melihat orang yang kita bantu senang, tentunya ada kebahagiaan tersendiri serta kepuasan batin yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.


Caranya gampang banget. Coba deh lakukan ketawa atau senyum paling sedikit 20 kali dalam sehari. Buktikan kalau yang sederhana ini akan memberi hasil yang luar biasa.

Saya seorang ibu rumah tangga dengan dua anak berusia 37 tahun,tapi banyak yang bilang seperti masih gadis berusia 20-an. Ada juga yang bilang seperti umur 17 tahun.Waw bukan???

Nah hal inilah yang saya lakukan setiap hari. Jangan lupa lakukan dengan ilkhlas ya..

Selamat mencoba

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Resep awet mudanya apa saja?
    Ingin juga semakin terlihat muda.
    Mulai besok saya akan belajar tertawa dan bahagia.

    BalasHapus
  2. Selain membuat awet muda,senyum juga bisa bernilai pahala
    Alhamdulillah....terima kasih atas infonya dan semoga saya bisa membiasakan untuk mudah tersenyum

    BalasHapus